Pelajaran 2 - Contoh Narative Text - Terjemahan

Timun Mas

          Pada zaman dahulu di pulau Jawa , Indonesia , tinggal sepasang petani . Mereka telah menikah selama beberapa tahun , tetapi mereka tidak punya anak . Jadi meminta kepada raksasa yang disebut dengan Buta Ijo untuk memberi mereka anak-anak . Buta Ijo adalah raksasa yang ganas dan kuat . Dia mengabulkan permintaan mereka dengan satu syarat . Ketika anak mereka telah dewasa, mereka harus mengorbankan mereka untuk Buta Ijo . Dia suka makan daging segar manusia . Para petani setuju untuk dengan permintaannya. Beberapa bulan kemudian istri petani pun hamil .
          Istri petani melahirkan seorang bayi perempuan cantik . Mereka menamainya Timun Emas . sepasang petani itu pun senang . Timun Mas sangat sehat dan tumbuh menjadi seorang gadis yang sangat cerdas . Dia juga sangat rajin . 
          Ketika ia masih remaja Buta Ijo datang ke rumah mereka . Timun Mas ketakutan sehingga dia melarikan diri untuk bersembunyi . Para petani kemudian mengatakan Buta Ijo bahwa Timun Mas masih anak-anak. Mereka memintanya untuk menunda . Buta Ijo setuju . Dia berjanji untuk datang lagi . Tahun berikutnya Buta Ijo datang lagi. Tapi lagi dan lagi orang tua mereka mengatakan bahwa Timun Mas masih anak-anak.
          Ketika ketiga kalinya Buta Ijo datang orang tua mereka telah mempersiapkan sesuatu untuknya . Mereka memberi Timun Emas beberapa jarum bambu , biji mentimun , saus dan garam .
' Timun , mengambil hal-hal ini '
' Apa ini ? '
' Ini adalah senjatamu . Buta Ijo akan mengejarmu . Dia akan memakanmu hidup-hidup . Jadi berlari secepat mungkin yang kau bisa. Dan jika ia akan menangkapmu sebarkan ini ke tanah . Sekarang pergi! '
          Timun Mas takut sehingga ia berlari secepat yang dia bisa . Ketika Buta Ijo tiba ia sangat  jauh dari rumah . Dia sangat marah ketika ia menyadari bahwa mangsanya telah meninggalkan rumah. Jadi Buto Ijo berlari mengejarnya . Dia memiliki hidung yang tajam sehingga ia tahu kemana arah berlari mangsanya .
          Timun Mas hanya seorang gadis sementara Buta Ijo adalah raksasa sehingga ia bisa dengan mudah menangkapnya . Ketika ia hanya beberapa langkah di belakang Timun Mas cepat menyebar benih-benih mentimun . Dalam hitungan detik benih mentimun itu berubah menjadi tanaman merambat . Buta Ijo sangat kelelahan dan haus sehingga ia meraih mentimun itu dan memakannya . Ketika Buta Ijo sedang sibuk makan mentimun Timun Mas bisa melarikan diri .
          Tapi segera Buta Ijo menyadari dan mulai berlari lagi . Ketika ia hanya beberapa langkah di belakang Timun Emas melemparkan jarum bambu nya . Tak lama kemudian mereka berubah menjadi pohon bambu lebat . Buta Ijo merasa sulit untuk lulus . Ini membutuhkan beberapa waktu untuk memecahkan hutan bambu lebat . Sementara itu Timun mas bisa berlari lebih jauh .
          Buta Ijo mengejarnya lagi . Ketika ia hampir menangkapnya lagi dan lagi Timun Mas melemparkan riasnya . Kali ini berubah menjadi danau . Buta Ijo sedang sibuk menyelamatkan diri sehingga Timun Mas berlari jalan . Tapi Buta Ijo bisa mengatasinya dan terus mengejarnya .
Akhirnya ketika Timun mas hampir tertangkap ia melemparkan garam itu . Segera tanah tempat Buta Ijo berdiri berubah menjadi laut . Buta Ijo itu tenggelam dan tewas seketika .
          Timun mas bersyukur kepada Tuhan dan kembali ke rumahnya.