Pelajaran 10 - Grammar


GRAMMAR

Inviting Others


Inviting others – mengundang orang lain untuk melakukan sesuatu.

Untuk membuat ungkapan atau kalimat mengundang orang lain, kita bisa menggunakan modal auxiliary can, will, could, would.

Dengan modal auxiliary ‘can’.

Can you please ….?
Bisakah/ maukah anda ….?

Can you please come to my apartment?
Maukah anda datang ke apartemen saya?

Will you please …?
Maukah anda ….?

Will you please join us for a dance party?
Maukah bergabung bersama kami ke acara dansa?


Could you please …?
Sudikah anda ….?

Could you please help us to do the homework?
Sudikah kamu membantu kita mengerjakan pr?


Accepting Invitation 
Menerima Undangan

That’s very kind of you 
Kamu baik sekali.

We’d like very glad to…. 
Kami akan sangat senang untuk....

What a delightful idea.
Ide yang sangat menyenangkan.

With the greatest pleasure.
Dengan sangat senang hati.

Thank you very much for inviting me.
Terima kasih banyak sudah mengundang saya.

It’s delightful to…. 
Itu sangat menyenangkan untuk....

That would be very nice.
Itu pasti akan sangat menyenangkan.

OK, I will be there!
Oke, saya akan datang!

I’d like to come. 
Saya senang untuk datang.

Sure, I am coming 
Tentu, saya datang.

Yes, obviously.
Ya, tentu saja.

Alright, I’ll come.
Baiklah, aku akan datang.

That is a smart thought.
Itu ide yang bagus.

I can’t say no. 
Saya tidak bisa menolak.


Refusing Invitation 
Menolak Undangan

I’m very sorry, I don’t think I can go.
Maaf sekali, sepertinya saya tidak bisa pergi.

I’d like to, but.... 
Aku ingin, tapi...

I’m afraid, I’ve already promised.... 
saya takut tidak bisa, saya sudah ada janji...

Thank you for asking me, but.... 
Terima kasih sudah mengajak saya, tapi...

Unfortunately, I can’t.... 
Sayang sekali, aku tidak bisa....

I'm Sorry, I can’t. 
Mohon maaf, saya tidak bisa.

I’d love to, but....
Saya ingin sekali, tapi...

I don’t think I can. 
Sepertinya saya tidak bisa.

I wish I could, but....
Semoga saya bisa, tapi....

Sorry, I am very busy. 
Maaf, saya sangat sibuk.

Sorry, may be next time. 
Maaf, mungkin lain kali.

Thank you, but I can’t. 
Terimakasih, tapi saya tidak bisa.

Sorry, I think I can't. 
Maaf, sepertinya saya tidak bisa.

I can’t come.
Saya tidak bisa datang.

I am horribly sad.
Saya benar-benar sedih.